1 Oktober Diperingati Sebagai Hari Kopi Dunia, Begini Sejarahnya

Sejarah  

Hari ini, masyarakat internasional merayakan Hari Kopi Dunia yang jatuh setiap tanggal 1 Oktober. Peminum dan penikmat kopi di Indonesia pun turut bersukacita merayakan peringatan tersebut, terlebih kita punya kekayaan khazanah kopi nusantara.

Petani memanen kopi (ilustrasi)
Petani memanen kopi (ilustrasi)

Mungkin masih ada sobat Mlipir yang bertanya-tanya mengenai sejarah ditetapkannya 1 Oktober sebagai Hari Kopi Dunia. Yang pasti, tidak pernah ada yang tahu kapan atau tanggal berapa tepatnya manusia pertama kali meminum kopi. Sejarah kapan pertama kali manusia di bumi ini mengenal atau menemukan tanaman kopi pun rasanya hanya berdasarkan kesepakatan bersama saja, yakni dipercaya bahwa manusia yang pertama kali mengenal kopi bernama Kaldi, seorang pengembala kambing asal Abbsiyah, Ethiopia pada abad ke-8.

Jadi, penetapan tanggal 1 Oktober sebagai Hari Kopi Dunia pun berdasarkan kesepakatan bersama antar negara-negara anggota International Coffee Organization (ICO). Hal tersebut karena setiap negara punya tanggal berbeda untuk merayakan hari kopi masing-masing. Seperti Indonesia, Hari Kopi Nasional diperingati setiap tanggal 11 Maret. Nah, agar tidak bingung dan seragam, negara-negara anggota ICO kemudian menetapkan tanggal 1 Oktober sebagai Hari Kopi Dunia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dalam laman di situs resmi ICO, disebutkan bahwa momen Hari Kopi Sedunia adalah sebuah kesempatan di mana para pecinta kopi berbagi kegemarannya atas minuman ini sekaligus mendukung jutaan petani yang hidupnya bergantung pada kopi.

Berita Terkait

Image

Metode-Metode Menyeduh Kopi yang Wajib Kamu Ketahui

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Journalist, coffee enthusiast, Liverpool FC die hard fans

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image