Raja Ampat dan Episentrum Segitiga Terumbu Karang Dunia

Melancong  
Raja Ampat terletak di antara segitiga terumbu karang dunia.
Raja Ampat terletak di antara segitiga terumbu karang dunia.

Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) meramalkan tak kurang dari 30 tahun dari sekarang keberagaman biota laut di segitiga terumbu karang dunia terancam lenyap jika terjadi pembiaran pada ancaman kerusakan oleh tangan manusia hingga pemanasan global.

Segitiga terumbu karang meliputi 1,6 persen wilayah lautan di planet bumi seluas 5,7 kilometer persegi yang meliputi Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon dan Timor Leste.

Jika ditarik garis maya yang melingkupi wilayah terumbu karang di negara tersebut, maka akan terbentuk bidang segitiga. Itulah mengapa kawasan ini dinamakan segitiga terumbu karang atau coral triangle.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Executive Director ICCTF Dr.Tonny Wagey di Sorong, Rabu, mengatakan kawasan segitiga terumbu karang menyimpan kekayaan alam berupa spesies laut yang lebih banyak dari perairan mana pun di bumi dan menjadi "rumah" bagi 76 persen dari seluruh spesies terumbu karang dan 37 persen dari seluruh spesies ikan terumbu karang di dunia. Kawasan ini juga memiliki hamparan terbesar hutan bakau di dunia.

Segitiga Terumbu Karang juga menjadi kawasan pemijahan dan jalur perlintasan penting spesies laut yang bernilai ekonomi tinggi seperti tuna dan hewan yang kini terancam punah seperti paus, ikan pari manta, penyu dan lainnya.

Luas terumbu karang di Indonesia mencapai 50.875 kilometer persegi yang menyumbang 18 persen luas total terumbu karang dunia dan 65 persen luas total segitiga terumbu karang.

Sebagian besar terumbu karang itu berlokasi di bagian timur Indonesia.Indonesia menjadi pusat terumbu karang dunia sebab memiliki kekayaan jenis karang terbanyak yaitu 569 jenis dari 82 marga dan 15 suku dari total 845 jenis karang di dunia.

Terumbu karang Indonesia juga menyimpan sekitar 2.200 spesies ikan karang. Sebanyak 197 spesies di antaranya dianggap endemik yang menunjukkan bahwa sebagian besar spesies berhubungan di seluruh Kawasan Segitiga Terumbu Karang.

Tony menyebut Raja Ampat sebagai episentrum dari segitiga terumbu karang dunia sebab kawasan di barat bagian kepala burung Pulau Papua itu terletak di antara gugusan segitiga terumbu karang dunia.

"Raja Ampat adalah bulls eye dari segitiga terumbu karang dunia, wilayah dengan keanekaragaman biota paling tinggi di kawasan segitiga terumbu karang. Walau luasnya kurang dari 1 persen laut dunia, tapi dampaknya sangat signifikan," katanya.

Raja Ampat mencakup 4,6 juta hektare darat dan laut, lebih dari 2 juta hektare di antaranya adalah kawasan konservasi perairan yang menjadi habitat bagi lebih dari 1.600 spesies ikan, dan 75 persen spesies karang yang dikenal di dunia.

"Raja Ampat adalah Hutan Amazon di Lautan, sebab enam dari tujuh jenis penyu yang terancam punah masih bisa ditemukan di perairan Raja Empat. Begitu juga dengan 17 spesies mamalia laut dunia lainnya ada di sini," katanya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tukang Ngopi, Tukang Jalan, Tukang Jajan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image