Pengembangan Rammang-Rammang Terkendala Perubahan Iklim

Melancong  
Sudah tiga kali terjadi banjir di Rammang-Rammang sejak 2021 akibat perubahan iklim.
Sudah tiga kali terjadi banjir di Rammang-Rammang sejak 2021 akibat perubahan iklim.

Pengembangan Kawasan Wisata Karst Rammang-rammang yang berpusat di Kampung Berua, Dusun Rammang-rammang, Desa Salenrang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, terkendala perubahan iklim sejak beberapa tahun terakhir.

Ketua RT Kampung Berua Darwis mengatakan dia bersama warga kesulitan membaca perubahan iklim yang dari tahun ke tahun semakin tidak menentu. Kampung Berua sebagai pusat Kawasan Wisata Rammang-rammang yang dikelilingi batu karst dengan segala keindahan alamnya, terendam banjir.

Terhitung telah tiga kali terjadi banjir di kawasan tersebut sejak musim penghujan tahun 2021-2022. Alhasil, perubahan iklim ini banyak dirasakan warga, mulai dari seringnya banjir, air sungai yang cepat meluap, intensitas hujan semakin meningkat hingga perubahan keasaman air setempat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Memang ada perubahan, jika sebelumnya banjir terjadi karena hujan selama 5 hari berturut-turut, kini cukup hujan 3 jam saja, semuanya sudah terendam air," kata dia.

Sebelumnya, warga Kampung Berua mempercayai sekaligus mewaspadai dua waktu yang menjadi masa tingginya curah hujan, yakni tahun baru Masehi dan tahun baru Cina.

Hanya saja, itu tidak lagi bisa menjadi patokan.Masyarakat Kampung Berua mulai sadar bahwa telah terjadi pergeseran iklim yang diperparah oleh sejumlah kebijakan.

Darwis mengungkapkan terdapat sejumlah faktor yang menyebabkan seringnya terjadi banjir di Kampung Berua, seperti penyempitan Sungai Pute, pendangkalan sungai, serta sejumlah proyek sekitar kawasan wisata yang dinilai penanganan lingkungannya kurang baik, termasuk pembuatan jembatan Bosowa.

"Jadi ketika ada proyek negara, mereka menganggap cuma sedikit perubahannya, tapi sebenarnya itu malah berdampak dan berlangsung lama. Kemarin anggapannya Bosowa cuma sedikit yang diambil, tapi itu berpengaruh ke sungai," kata Darwis.

Empat tahun lalu, kata Darwis, perubahan iklim dan cuaca semakin terasa signifikan. Perubahan itu terjadi setelah adanya rehabilitasi sungai dari wilayah Bantimurung.

Rehabilitasi tersebut memperlebar aliran sungai sehingga dipastikan debit air semakin deras mengalir ke muara, dan mengakibatkan air sungai meluap lebih cepat dari biasanya.

"Sumber dan muaranya ke sini, padahal dulu kan lebih lambat, jadi bersamaan di sini air meluap," tambah mantan Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Salenrang itu.

Selain itu, krisis iklim berakibat pada tingkat keasaman garam air di Kampung Berua. Jika sebelumnya keasaman garam air setempat mulai naik di bulan Juni, kini periodenya semakin turun yakni Oktober maupun November. Sehingga selama iklim seperti ini, durasi air tawarnya lebih lama.

Lebih jauh, krisis iklim yang terjadi mulai berdampak pada inisiasi masyarakat untuk budidaya ikan. Intensitas hujan dan cuaca yang tidak menentu berakibat pada tambak ikan warga yang gagal panen, akibat banjir.

Meski demikian, pemuda setempat mulai memikirkan untuk melakukan budidaya ikan tawar, lantaran keasaman garam air tambak semakin menurun. Kondisi ini akan dimaksimalkan untuk budidaya ikan sebagai salah satu penopang pariwisata dan menarik perhatian wisatawan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tukang Ngopi, Tukang Jalan, Tukang Jajan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image