Situs Srigading Bakal Jadi Destinasi Wisata Sejarah

Melancong  
Pemkab Malang bakal menjadikan situs Srigading menjadi destinasi wisata sejarah.
Pemkab Malang bakal menjadikan situs Srigading menjadi destinasi wisata sejarah.

Pemerintah Kabupaten Malang menyatakan situs Srigading berupa candi yang diperkirakan dibangun pada abad ke-10 Masehi di Desa Srigading, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur akan dijadikan tempat tujuan wisata sejarah.Bupati Malang M.

Sanusi mengatakan saat ini bentuk bangunan candi pada situs Srigading sudah terlihat dan rencananya dikembangkan sebagai destinasi wisata sejarah.

"Bentuknya sudah ketemu, nanti kita tata kembali. Saya harap nantinya bisa menjadi wisata sejarah yang ada di Malang," katanya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ia menjelaskan rencananya pengelolaan situs Srigading sebagai tempat wisata sejarah dilakukan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan diharapkan bisa memberikan dampak ekonomi yang baik bagi masyarakat sekitar.

Pemerintah Kabupaten Malang akan membantu sejumlah fasilitas pendukung pada bangunan candi yang telah dilakukan ekskavasi tiga kali tersebut. Dalam waktu dekat, Pemerintah Kabupaten Malang akan menyiapkan lampu penerangan di lokasi itu.

"Kami akan pasang lampu penerangan di empat titik yang memakai tenaga Matahari, supaya terus terjaga dan terpelihara aman," katanya.

Situs Srigading pada awalnya dikenal dengan sebutan Cegumuk oleh warga sekitar, yang berarti gundukan. Situs tersebut ditemukan kurang lebih pada 1985 dengan yoni dan sejumlah arca di atas gundukan tersebut.

BPCB Jawa Timur telah memastikan bahwa bangunan itu candi yang menghadap ke arah timur atau Gunung Semeru dan untuk tempat peribadatan umat beraliran Hindu Siwaistis.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tukang Ngopi, Tukang Jalan, Tukang Jajan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image