Sandiaga: Kopi Lokal Harus Bisa Jadi Komoditas Andalan Ekspor

Umum  
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendorong agar kopi lokal bisa jadi komoditas andalan ekspor.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendorong agar kopi lokal bisa jadi komoditas andalan ekspor.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendorong optimalisasi industri kopi dalam negeri menyusul potensi yang dimiliki oleh komoditas tersebut.

"Potensi ekspor kopi Indonesia sangat terbuka, ini bisa ditingkatkan karena sebagian kopi-kopi di Indonesia belum terkelola dengan optimal," kata Sandiaga saat mengunjungi Stasiun Kopi Solo Balapan di Solo, Jumat (11/3/2022).

Ia mengatakan pada tahun lalu ekspor ekonomi kreatif Indonesia menembus angka 21 miliar dolar AS. "Mencetak rekor, hari ini kami harapkan kopi bisa diandalkan sebagai komoditas ekspor yang mendatangkan devisa dan peluang usaha serta lapangan kerja yang luas bagi masyarakat," katanya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pada hari kopi nasional yang jatuh pada hari ini, ia juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan kepedulian dan pengetahuan tentang keberagaman kopi yang dimiliki oleh Indonesia, di antaranya robusta, liberika, ekselso, dan arabika.

"Kopi Indonesia dikenal di seluruh dunia, sudah saatnya kita memberikan apresiasi terhadap kopi-kopi terbaik dan kita memberikan keberpihakan termasuk gerakan bangga buatan Indonesia, bangga brand Indonesia, dan beli produk kreatif lokal," katanya.

Ia juga berharap komoditas kopi bisa menjadi salah satu produk ekonomi kreatif yang akan jadi lokomotif kebangkitan ekonomi dalam negeri dan menjadi peluang untuk terbukanya lapangan kerja.

Sementara itu, untuk mendorong kebangkitan usaha lokal, saat ini pemerintah tengah menyusun tatanan ekonomi baru usai pandemi Covid-19.

"Yang menarik ini adalah kelola tatanan ekonomi baru yang berbasis kolaborasi. Seperti di Stasiun Kopi Solo Balapan ini asetnya milik KAI kemudian ada investor masuk (mendirikan Stasiun Kopi Solo Balapan). Dengan dukungan Pemkot Surakarta dihadirkanlah usaha yang bisa menjadi destinasi wisata kuliner dan mengangkat produk kopi terbaik nusantara, ini membangkitkan optimisme kita agar segera bangkit," katanya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tukang Ngopi, Tukang Jalan, Tukang Jajan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image