Meluncur, Kawasan Taman Nasional Bunaken Selesai Ditata Bulan Depan

Melancong  
Kawasan Bunaken, Manado, Sulawesi Utara bakal selesai ditata pada bulan depan
Kawasan Bunaken, Manado, Sulawesi Utara bakal selesai ditata pada bulan depan

'Site Engineering Manager', PT Nindya Karya, Iwan Setiawan mengatakan, pengerjaan proyek penataan kawasan pantai Malalayang dan Bunaken, Kota Manado, ditargetkan selesai pada akhir April 2022.

"Progres di Pantai Malalayang sampai sekarang sudah mendekati 100 persen, tinggal ada pengerjaan finishing serta pembersihan lokasi," kata Iwan.

Sementara di kawasan Taman Nasional Bunaken, lanjut dia, telah selesai dikerjakan satu bangunan, TPS, gerbang kawasan serta jalan akses. "Kita juga masih akan menyelesaikan dermaga Bunaken. Saat ini sementara dalam pemancangan tiang," jelas Iwan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Iwan tak merinci jelas berapa besar serapan anggaran pengerjaan proyek penataan kawasan pariwisata di dua lokasi ini. "Saya harus ngobrol dengan bagian keuangan kami, kalau secara progres itu sih yang tadi," ujarnya.

Di kawasan pariwisata Pantai Malalayang, kata dia, dibangun tugu bola dunia dikelilingi ikan purba Sulawesi 'Coelacanth'. Bangunan ini akan menjadi ikon destinasi wisata ini.

"Di sini juga dibangun beberapa fasilitas publik yang bisa diakses, kami juga membangun menara serta warung apung," katanya.

Warung apung tersebut nantinya akan ditempati oleh pedagang yang sebelumnya berjualan di kawasan yang sementara ditata ini. "Penempatan pedagang nanti diatur oleh instansi teknis setelah bangunan ini selesai dikerjakan," ujarnya.

Penataan kawasan pariwisata pantai Malalayang dan Bunaken diperkirakan menyerap anggaran sebesar Rp 94 miliar lebih. Pengerjaannya telah dimulai sejak 2021.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tukang Ngopi, Tukang Jalan, Tukang Jajan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image