Rasa Kopi Honey Sudah Manis Walau tanpa Ditambah Gula

Cross Culture  
Proses pengolahan biji kopi metode honey. (sumber: tangkapan layar youtube)
Proses pengolahan biji kopi metode honey. (sumber: tangkapan layar youtube)

JAKARTA — Salah satu metode dalam pengolahan cherry kopi (biji yang baru dipetik dari kebun kopi) dikenal dengan nama honey atau pulp natural. Tentu penamaan honey yang berarti madu bukan tanpa sebab ya.

Kenapa dinamakan honey? Karena dalam metode honey ini, maka green beans kopi atau biji kopi hasil olahan akan memiliki karakter dan rasa yang manis. Jadi tanpa gula pun sebenarnya kopi hasil proses honey rasanya sudah cukup manis. Tentu ini konteksnya adalah manis buat para penikmat kopi V60 yang terbiasa tanpa gula ya..

Metode proses honey ini, awalnya banyak dipakai di Brasil. Kenapa Brasil? Karena metode ini tidak terlalu banyak menggunakan air dan panas mataharinya cukup. Jadi tidak seperti metode wash yang membutuhkan banyak penggunaan air.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Anatomi biji kopi.
Anatomi biji kopi.

Tapi jangan salah, di Indonesia juga sudah banyak yang menggunakan metode ini. Karena memang cita rasa yang dihasilkan berbeda dengan metode wash.

Caranya adalah cherry kopi awalnya dipisah untuk mengambil yang berkualitas. Usai dipisah, cherry langsung dipisahkan dengan kulit luarnya. Dalam proses ini, kopi dibiarkan tetap dengan kulit cangkang yang masih berlendir.

Nah lendir kopi ini merupakan lapisan yang banyak mengandung gula. Jadi rasa manis dari lendir inilah yang akan dibiarkan meresap ke dalam kopi.

Gabah kopi yang berlendir ini kemudian langsung dijemur selama beberapa hari. Setelah itu barulah gabah kopi dipisahkan dari kulit cangkangnya.

Baca Juga:

Viral Tangis Haru Ayah dan Tentara Ukraina Diantara Hujan Peluru

Viral Video Angon Kerbau di Sirkuit Mandalika

Americano, Menu Kopi yang Lahir dari Perang Dunia ke-2

Perbedaan jumlah lendir yang masih menempel membuat biji kopi yang telah dijemur dibagi tiga warna. Pertama warna yakni Yellow (25% lapisan lendir dan memakan waktu kurang lebih 8 hari), Red (50% lapisan lendir dan memakan waktu kurang lebih 12 hari), dan Black Honey (100% lapisan lendir dan memakan waktu kurang lebih 30 hari). Dengan begitu, Black Honey pun memiliki rasa yang lebih kompleks jika dibandingkan dengan 2 lainnya.

Nah sudah tahukan kopi honey? Kalau nanti ke kedai kopi boleh tuh pesen kopiny dari biji kopi yang diolah dari proses honey. Selamat ngopi.....

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tukang Ngopi dan Nge-Game

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image