Sudah Siap Pindah ke Ibu Kota Nusantara? Ini 5 Destinasi Wisata untuk Kalian Healing

Melancong  
Menikmati sore di Pantai Melawai, Balikpapan, Kalimantan Timur
Menikmati sore di Pantai Melawai, Balikpapan, Kalimantan Timur

Ibu Kota Negara akan segera dipindah. Pusat pemerintahan pun akan bergeser ke sebuah ibu kota yang dinamakan Nusantara yang terletak di dua kecamatan yaitu Samboja dan Sepaku di Kalimantan Timur (Kaltim).

Lokasi Ibu Kota Nusantara ini sangat strategis karena berada di pusat pemerintahan Kaltim, Samarinda, dan pusat ekonomi Kaltim, Balikpapan. Nusantara juga memiliki daerah pantai, teluk hingga hutan dan perbukitan.

Jika kalian sudah siap pindah ke Kota Nusantara, berikut lima destinasi wisata yang bisa digunakan untuk healing di sela-sela kesibukan di ibu kota baru tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Bukit Bangkirai

Bukit Bangkirai masih ada dalam satu wilayah Kota Nusantara. Sehingga bukit ini bisa kalian gunakan untuk berwisata tanpa harus berkendaraan jauh hingga berjam-jam.

Bukit ini merupakan hutan hujan tropis alami dengan luas sekitar 1500 hektar. Telah berdiri selama lebih dari 20 tahun. Teman melipir dapat menikmati pemandangan hijau yang menyejukkan mata dan menyegarkan pikiran.

Oya, ada maskot Kalimantan Timur, yaitu pohon bangkirai yang berumur lebih dari 150 tahun juga. Selain itu, ada anggrek hutan liar, dan buah buahan tropis.

2. Pantai Melawai

Ini bukan Melawai di Blok M, Jakarta Selatan ya gaess.. Ini Pantai Melawai di Balikpapan. Jarak dari Kota Nusantara ke Balikpapan sudah lebih cepat sejak adanya Jalan Tol Balikpapan-Samarinda. Mungkin kalian hanya perlu sekitar 15 menit untuk menuju ke Balikpapan

Pantai Melawai ini merupakan pantai yang terkenal di Balikpapan. Kalian bisa menikmati sore sambil melihat matahari terbenam karena pantai ini menghadap ke arah barat.

Suasana sore hari di Pantai Melawai, Balikpapan, Kalimantan Timur
Suasana sore hari di Pantai Melawai, Balikpapan, Kalimantan Timur

3. Hutan Mangrove Margo Mulyo

Sebelum ke Pantai Melawai pada sore hari, pagi hari atau siang hari, kalian bisa melipir dulu ke Hutan Mangrove Margo Mulyo. Hutan mangrove ini masih di Kota Balikpapan, Kaltim.

Di hutan mangrove ini juga ada menara intai yang bisa kalian gunakan untuk melihat hutan mangrove dari ketinggian berikut burung-burung penghuni hutan.

4. Batu Dinding

Untuk menuju ke Batu Dinding dari Kota Nusantara juga bisa melalui jalan tol. Nanti kalian keluar di Pintu Keluar Tol Palaran dan melewati Stadion Palaran untuk menuju ke Jalan Balikpapan-Samarinda dan kemudian berkendara ke arah Batu Dinding.

Batu Dinding ini menjulang tinggi memagari Sungai Mahakam Ulu sepanjang 800 meter dengan tinggi antara 100 hingga 200 meter. Gugusan batu dinding ini semakin menarik karena warna putihnya dan spot terbaik untuk memotret.

5. Goa Losan

Di antara lima destinasi wisata ini, Goa Losan mungkin yang paling jauh. Goa Losan berada di selatan Kota Nusantara. Jadi teman melipir bisa berkendara ke selatan menuju Patot Kuara dan belok kanan menuju ke Goa Losan.

Goa Losan bisa jadi destinasi wisata alternatif untuk kalian yang suka menelusuri goa. Di sini kalian bisa merasakan sensasi berpetualang yang unik dan menegangkan. Karena kalian akan menelusuri goa dengan hanya membawa obor saja.

Tertarik?

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tukang Ngopi, Tukang Jalan, Tukang Jajan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image