Langkah Erick Thohir Bentuk PMO Kopi Nusantara Dukung Kesejahteraan Petani Kopi

Umum  
Menteri BUMN, Erick Thohir
Menteri BUMN, Erick Thohir

Anggota Komisi VI DPR RI, Nasim Khan, mendukung langkah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang membentuk Project Management Office (PMO) Kopi Nusantara. Nasim meminta agar dalam pelaksanaannya, PMO Kopi Nusantara itu dilaksanakan dengan baik sehingga membawa dampak positif bagi petani kopi.

"PMO ini sangat baik, bermanfaat buat pengembangan kopi nasional bila benar-benar dijalankan. Kami sangat mendukung," kata Nashim.

Ia mengingatkan agar pihak-pihak yang terlibat dalam PMO Kopi Nusantara dapat bersinergi satu sama lain, mulai dari BUMN-nya sendiri yang telah ditentukan seperti PT Perkebunan Nusantara, Perhutani, Pupuk Indonesia, Bank Rakyat Indonesia, hingga Rajawali Nusantara Indonesia, maupun pihak swasta dan asosiasi hingga petani kopi itu sendiri.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Anggota legislatif daerah pemilihan Jawa Timur III itu menyinggung besarnya potensi kopi di daerahnya di Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Situbondo. Menurutnya sejauh ini, pengembangan kopi dilakukan oleh petani dengan menggandeng pihak lain secara mandiri.

"Wilayah saya, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, itu sangat luar biasa trah perkopiannya hingga terkenal keluar negeri melalui berbagai event, sangat unggul," ungkapnya.

"Kita akan lihat, tinggal bagaimana perhatian PMO terhadap pertanian. Baik kebutuhan hulu hingga hilirnya, baik lahannya, pupuknya, perawatannya, pengembangannya sampai pada pemasarannya," imbuhnya

Politikus PKB itu mengatakan, Kabupaten Bondowoso sudah familiar dikenal masyarakat Jatim dan Indonesia umumnya sebagai republik kopi-nya Indonesia. Begitu juga di Kabupaten Situbondo yang terkenal dengan luwak kopinya melalui Perkebunan Kopi Kayumas.

"Sudah terkenal image republik kopi, juga Situbondo kayumas terkenal dengan luwak kopi, juga lain-lainnya. Kami harap, PMO Kopi Nusantara bisa benar-benar menjadi motor regulasi ke depan lebih nyata," harapnya.

Sebelumnya Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir berharap Project Management Office (PMO) Kopi Nusantara dapat menyejahterakan petani kopi Indonesia. Erick mengatakan bahwa PMO Kopi Nusantara memperbaiki ekosistem bisnis kopi melalui sinergi dari BUMN, swasta, asosiasi dan juga pemerintah daerah.

"Dengan sinergi ini, kami berharap kesejahteraan petani kopi Indonesia juga dapat meningkat dan memberikan nilai tambah bagi komoditas kopi Indonesia," kata Erick seperti dikutip dari akun resmi Instagram-nya @erickthohir.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tukang Ngopi, Tukang Jalan, Tukang Jajan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image