Ini Rahasia Menuangkan Teh Tanpa Harus Bercucuran

Umum  
Saat menuang teh biasanya akan bercucuran (ilustrasi)
Saat menuang teh biasanya akan bercucuran (ilustrasi)

Teh telah lama menjadi minuman favorit banyak orang. Namun, tak banyak orang piawai menuangkan teh dari teko tanpa membuatnya bercucuran.

Cara menuangkan secangkir teh yang sempurna tanpa menetes kini telah dijelaskan oleh para ilmuwan lewat Journal of Fluid Mechanics. Ahli mengatakan bahwa itu semua hanya tentang mendapatkan gaya dan sudut yang tepat.

Ini ada kaitannya dengan "efek teko". Ilmuwan Markus Reiner pertama kali mengungkapkan efek itu pada 1956.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Hal tersebut telah terbukti menantang secara ilmiah selama beberapa dekade. Efeknya mengacu pada dinamika fluida kompleks yang membuat penuangan cairan dari teko tanpa tumpah menjadi proses yang rumit.

Jika dilakukan terlalu lambat, alirannya bisa mengalir ke bagian luar teko daripada mendarat di cangkir.

Sekarang, para ilmuwan di TU Wien University di Wina, Austria, telah menghitung angka-angka dan memberikan penjelasan rinci terkait fenomena rumit yang unik tersebut. Percobaan dilakukan dengan menuangkan air dari teko miring pada laju aliran yang berbeda.

Proses tersebut direkam dengan kamera kecepatan tinggi oleh para peneliti. Mereka juga menggunakan rumus matematika untuk menghitung tiga gaya berbeda, yakni inersia, kental, dan kapiler yang mendukung efek teko.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tukang Ngopi, Tukang Jalan, Tukang Jajan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image