Kopi Vs Teh Mana yang Lebih Baik Bagi Kesehatan ?

Umum  

Teh dan kopi menjadi dua minuman favorit yang kerap hadir di tengah-tengah masyarakat dalam suasana apapun juga. Namun, masih banyak yang membandingkan mana yang lebih baik bagi tubuh apakah meminum teh atau kopi.

Satu hal yang perlu diketahui adalah, baik teh maupun kopi mengandung kafein. Jika dikonsumsi secara tepat, zat ini punya manfaat bagi tubuh. Tetapi tentu saja, jika dikonsumsi tidak tepat dan berlebihan, kafein juga bisa menimbulkan efek buruk bagi tubuh.

Selain itu, menurut beberapa penelitian teh dan kopi juga punya manfaat untuk membantu menurunkan berat badan. Keduanya juga dipercaya mempunyai kandungan antioksidan yang bermanfaat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Jika bertanya diantara teh dan kopi mana yang lebih banyak kandungan kafeinnya?, jawabannya itu tergantung bagaimana cara kita menyeduh kopi dan jenis teh apa yang kita pilih. Sehingga tidak bisa kita pukul rata bahwa kopi punya kandungan kafein lebih tinggi dibanding teh, meski dalam beberapa penelitian kafein dalam kopi disebut lebih tinggi.

Baca Juga:

Siapa Orang Pertama yang Minum Teh? Ini Jawabannya

Hari Kejepit? Gak Masalah, Melipir ke Kafe Ini Berasa Lagi Liburan

Wow. Kopi Arabica Gayo Harganya Tembus Rp.2,5 Juta per Kilogram

secangkir teh punya banyak manfaat bagi tubuh.
secangkir teh punya banyak manfaat bagi tubuh.

Menurut Times Now News, teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang lebih banyak dibanding kopi. Zat antioksidan ini bermanfaat besar untuk detoks pada tubuh.

Sementara kopi dianggap lebih mampu untuk menurunkan risiko pengembangan diabetes tipe 2. Zat yang terkandung dalam kopi dipercaya mampu mengontrol tingkat gula darah, serta meningkatkan penggunaan insulin dalam tubuh. Kopi juga mengandung magnesium yang mengurangi tingkat gula dalam darah.

Selain itu, bagi olahragawan, mengkonsumsi kopi sebelum memulai beraktivitas dinilai bagus untuk membantu membakar kalori dan membuat otot menjadi lebih rileks. Sementara teh hitam dianggap merupakan minuman yang tepat bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan dengan cara diet.

Jadi mana yang lebih baik antara teh dan kopi? Jawabannya kedua minuman ini sama-sama mengandung zat yang baik untuk tubuh, asalkan dikonsumsi secara tepat. Terlalu banyak meminum teh atau kopi sama-sama bisa mendatangkan efek buruk bagi tubuh.

Kopi punya zat yang bermanfaat bagi tubuh.
Kopi punya zat yang bermanfaat bagi tubuh.

Kopi bisa menjadi pilihan jika kita ingin mendapat 'suntikan' energi yang cepat sehingga cocok diminum saat bekerja. Sementara teh bisa dipilih bagi mereka yang terlalu sensitif terhadap kafein dan ingin tambahan energi yang lebih bertahan lama, sehingga tepat diminum saat bersantai.

Sebagai penutup saya jadi ingat sebuah kalimat "Kopi membuat kita berpikir kritis, dan teh membuat kita berpikir mendalam".

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image