Wow. Kopi Arabica Gayo Harganya Tembus Rp.2,5 Juta per Kilogram

Umum  
Kopi arabica Gayo.   (Sumber foto: Antara)
Kopi arabica Gayo. (Sumber foto: Antara)

BANDA ACEH — Dalam sebuah lelang internasional, harga lelang kopi arabica Gayo tembus sampai Rp.2,5 juta per kilogram. Kopi Gayo dengan harga tertinggi tersebut merupakan kopi juara pertama hasil uji cita rasa pada ajang kompetisi Indonesia Cup of Excellence (CEO) 2021.

""Pada lelang tadi malam terjual dengan harga Rp2,5,- juta per kilogram. Kopi tersebut dari Pantan Musara Aceh Tengah milik Dilen Ali Gogo," kata peserta lelang Armiyadi.

Proses lelang itu dilakukan secara online setelah kompetisi Indonesia Cup of Excellence (CEO) 2021, selesai dilakukan. Proses lelang dilakukan pada Kamis (27/1/2022) malam, di Bandung, Jawa Barat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Baca juga:

Siang-Siang Panas di Jakarta? Coba ke Tempat Ngopi Ini, Adem Banget

Tanam Paksa Kopi Sengsarakan Rakyat Jawa Barat

Awas Salah Waktu Minum Kopi Bisa Bahaya

Green bean chop Gayo ini terjual 210 kilogram dengan total harga jual Rp.525 juta. Pembeli kopi itu adalah sebuah perusahaan asal Jepang atas nama perusahaan Wataru Co Ltd. Padahal dalam kondisi normal, hard green bean kopi arabica Gayo di pasaran ada di kisaran Rp90.000,- per kilogram.

Indonesia Cup of Excellence merupakan ajang kompetisi untuk uji cita rasa kopi terbaik se Indonesia. Panitia memilih kopi terbaik dari peringkat 1 sampai 26. Kemudian kopi inilah yang dilelang secara online.

Untuk menentukan kopi terbaik pada kompetisi CEO panitia mengirimkan sampel kopi setiap peserta ke berbagai negara untuk dilakukan uji cita rasa oleh para pakar. Hasilnya kata dia kopi arabica Gayo asal Pantan Musara Kabupaten Aceh Tengah milik Dilen Ali Gogo dinobatkan sebagai pemenang juara pertama dengan score tertinggi hasil uji cita rasa yaitu 89.28 poin.

"Untuk kopi Gayo di antaranya masuk sebagai juara 1, kemudian ada juara 3, juara 7, juara 16, juara 23, kemudian kopi saya sendiri itu masuk rangking 24," katanya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tukang Ngopi dan Nge-Game

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image