Awas, Salah Pilih Waktu untuk Minum Kopi Bisa Bahaya

Umum  

Minum kopi seolah telah menjadi kebutuhan yang harus terpenuhi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Budaya minum kopi di Indonesia pun tidak mengenal waktu. Contohnya pada masyarakat Aceh yang terbiasa meminum kopi usai menunaikan sholat subuh. Tetapi apakah ada waktu minum kopi yang baik?

Berdasarkan penelitian, memang ada waktu-waktu yang baik untuk menyeruput secangkir kopi. Banyak orang yang berpendapat jika kopi tepat diminum pada pagi hari, atau tidak lama setelah bangun tidur. Tetapi ternyata hal itu tidak tepat loh.

Dilansir dari Greatist, ketika kita bangun tidur di pagi hari, maka tubuh akan banyak memproduksi hormon kortisol atau biasa juga disebut hormon stres.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Hormon yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal dalam tubuh ini, berfungsi untuk meningkatkan fokus dan kewaspadaan. Selain itu, hormon ini juga bermanfaat untuk mengatur metabolisme, respon sistem kekebalan tubuh dan tekanan darah dalam tubuh.

Umumnya, sekitar 30 sampai satu jam setelah kita bangun tidur, tubuh kita akan mencapai puncak produksi hormon kortisol. Nah, seperti kita tahu bahwa kafein yang terkandung dalam kopi bisa menekan produksi hormon kortisol, sehingga jika kita langsung minum kopi tidak lama setelah bangun tidur maka tentu saja metabolisme tubuh akan terganggu.

Agar tidak menimbulkan efek buruk, sebaik kopi diminum setelah produksi hormon kortisol mulai menurun, atau beberapa jam setelah bangun tidur. Biasanya jika kita bangun tidur pada pukul 07.00 pagi, maka ada baiknya kopi diminum sekitar pukul 9.30 sampai 11.00. Waktu-waktu itu biasa kita kenal dengan istilah coffee break.

Kemudian banyak juga bertanya baik atau tidak minum kopi pada malam hari? Seperti yang disinggung di atas, bahwa kafein bisa memblok pertumbuhan hormon kortisol di reseptor otak, artinya meminum kopi hanya akan menunda rasa kantuk tapi tidak menghilangkan rasa kantung itu sendiri.

Jadi jika kita minum kopi pada malam hari, sebaiknya kita perlu tahu dulu seberapa toleran tubuh terhadap kafein. Karena lamanya efek kafein di dalam tubuh seseorang berbeda-beda. Namun untuk lebih aman, sebaiknya jangan minum kopi terlalu malam atau enam jam sebelum waktu tidur kita. Sebagai contoh jika anda terbiasa tidur pada pukul 9.00 malam, jangan pernah minum kopi pada pukul 8.00 malam.

Lalu apa ada lagi waktu yang tepat untuk minum kopi? yups, ada, kopi juga baik diminum sebelum kita melakukan olah raga. Sebab, salah satu efek kafein selain bisa menunda ngantuk juga bisa merilekskan urat saraf, memacu produksi hormon bahagia atau dopamin, oksitosin, serotonin, dan endorfin, dan membantu mempercepat pembakaran lemak. Untuk menu kopi yang asyik dinikmati sebelum olahraga, saya merekomendasikan coldbrew yang segar.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image