Tanam Paksa Kopi Sengsarakan Rakyat Jawa Barat

Sejarah  
Petani kopi (ilustrasi)
Petani kopi (ilustrasi)

JAKARTA — Kopi Jawa Barat pernah merajai dunia. Begitu dahsyatnya kualitas kopi Jawa Barat, yang saat itu dikenal dengan Kopi Java, sehingga ungkapan ‘A Cup of Java’ begitu mendunia. Kata ‘Java’ bagi masyarakat dunia menjadi kata ganti dari kopi itu sendiri.

Tapi kemasyuran Kopi Priangan ini, justru pernah membuat rakyat Jawa Barat sengsara. Kesengsaraan ini muncul akibat tanam paksa kopi.

Bupati Cianjur Aria Wiratanudatar III, adalah kepala daerah pertama yang mencatatkan nama dalam sejarah kopi Belanda. Aria Wiratanudatar III menjadi bupati kesayangan pemerintah VOC, karena kopi asal Priangan ini.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pada 1711, Aria Wiratanudatar mengirimkan 400 kg hasil panen dari wilayahnya ke Amsterdam. Kopi tersebut kembali diteliti, dan mendapat harga tertinggi dalam lelang kopi yang digelar di Amsterdam. Sejak saat itu, dunia mengenal dua kopi terbaik yakni Mokha dan Jawa.

Pada tahun-tahun selanjutnya, kopi asal Jawa semakin tersohor dan mampu mengalahkan popularitas kopi asal Mokha. Gencarnya penanaman kopi di Jawa membuat dunia dibanjiri kopi asal priangan. Bahkan 3/4 kebutuhan kopi dunia dipasok dari Priangan.

Larisnya kopi asal Priangan, membuat pemerintah Belanda untung besar. Belanda bisa melunasi utang perang untuk menaklukan wilayah Indonesia dari hasil penjualan kopi. Hal ini mendorong lahirnya Preangerstelsel pada tahun 1720, yang merupakan bentuk tanam paksa kopi.

Preangerstelsel ternyata hanya menguntungkan kepala-kepala daerah saja. Rakyat justru mengalami kesusahan, karena diharuskan menanam kopi di lahan produktif mereka.

Salah satu peristiwa di tanah Priangan yang berkaitan dengan perkembangan sejarah kopi di Indonesia, adalah terbunuhnya Aria Wiratanudatar.

Ada dua versi mengenai kejadian tersebut, salah satunya terkait kopi. Rakyat Priangan yang hidup susah penerapan koffie stelsel murka, karena dikabarkan Aria Wiratanudatar mengkorupsi uang penjualan kopi. Seorang pemuda yang marah nekat menusuk Aria Wiratanudatar hingga tewas. Penduduk Priangan juga merusak tanaman kopi mereka sebagai bentuk kemarahan.

Namun, geger kopi di Priangan bukan penyebab hancurnya industri kopi di Jawa. Bahkan, sistem tanam paksa semakin diperluas menjadi Cultuurstelsel pada tahun 1830, di bawah Gubernur Herman Willem Daendels.

Baca juga:

Cara mudah bikin cold brew dengan alat buatan sendiri di rumah

Antara Islam, Kopi, dan Kaum Sufi

Terpesona dengan Keindahan dan Keunikan Rammang-Rammang

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tukang Ngopi dan Nge-Game

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image