Cappucino, Cafe Latte, Flat White dan Macchiato, Apa Bedanya?

Kuliner  

Menu minuman berbahan dasar espresso selalu menjadi favorit masyarakat. Minuman cappuccino, latte, macchiato, dan sejenisnya tidak pernah absen dari daftar menu jika kita mlipir ke kedai-kedai kopi mulai yang dipinggir jalan hingga ke mal-mal besar.

Minuman berbahan dasar dari espresso atau espresso based memang digemari masyarakat karena mempunyai rasa yang manis dan tidak 'seberat' meminum espresso atau americano dan long black. Tetapi, mungkin masih ada yang salah mengira jika Cappuccino dan Latte itu sama. Ya, memang secara penampilan kedua minuman ini nyaris sama, terlebih jika kita memesan dalam kondisi dingin dan diminum untuk take away. Namun, sebenarnya kedua menu ini berbeda.

Sebelum membahas apa perbedaannya, mungkin kita harus tahu dulu apa persamaan dari dua menu tersebut. Persamaan antara cappuccino dan latte adalah dari bahan pembuatnya yang terdiri dari espresso dan susu. Lalu apa perbedaannya? yang membedakan adalah perbandingan susu dan foam susu yang digunakan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Cappucino

Cappuccino merupakan minuman khas dari Italia. Biasanya warga negeri Pizza itu meminum Cappuccino saat sarapan. Nama Cappuccino sendiri sebenarnya tidak ada hubungannya dengan kopi, tetapi merujuk pada biarawan Capuchin. Kala itu, biarawan Capuchin biasa mengenakan jubah bertudung dengan warna coklat, nah dari situlah nama Cappuccino diambil, yang memang warna minuman ini juga coklat.

Cappuccino dibuat dari single atau double shot espresso yang dicampur dengan 130-150 ml susu. Sebelum dicampur, susu terlebih dulu di steam dengan suhu 60-65 derajat celcius. Susu disteam hingga mengeluarkan foam yang tebal. Setelah itu, susu dituangkan dalam cangkir berisi espresso, dengan foam susu tebal dibagian atasnya.

Kemudian biasanya ditambah serbuk coklat atau kayu manis di atas foam susu. Secara gampang, dalam satu cangkir Cappucino bisa dibagi menjadi 3 bagian. 1/3 bagian espresso, 1/3 bagian susu dan 1/3 bagian foam susu. Cappucino mempunyai rasa kopi yang masih cukup kuat, karena campuran susu yang tidak terlalu banyak, sehingga cocok diminum untuk pagi hari.

Cafe Latte

Dalam bahasa Italia Latte artinya susu, sehingga Cafe Latte artinya kopi susu. Yang membedakan Cafe Latte dengan Cappuccino adalah banyaknya susu yang digunakan. Cafe latte biasanya menggunakan susu yang lebih banyak dibandingkan Cappuccino. Selain itu, perbedaan dengan Cappucino adalah pada proses steaming susu. Pada Cappucinno, susu disteam hingga menghasilkan foam yang tebal, maka pada Cafe Latte proses steam susu hanya sampai menghasilkan micro foam atau foam yang lebih halus.

Jadi biasanya jika kita memesan Cafe Latte maka barista akan membuat latte art diatas foam tersebut, baik itu berbentuk hati hingga yang lebih sulit. Secara gampang komposisi dalam secangkir cafe latte terdiri dari 2/3 espresso, 1/3 susu dan milk foam. Cafe Latte mempunyai karakter rasa kopi yang lebih ringan dibanding Cappucino dan cenderung milky. Dibandingkan cappuccino, cafe latte lebih bisa dicampur dengan berbagai syrup perasa seperi vanilla dan lainnya.

Flat White

Flat white merupakan salah satu menu kopi berbahan espresso yang juga banyak ditemui di kedai-kedai. Flat white biasanya dibuat dengan menggunakan double shot espresso dicampur susu yang tidak terlalu banyak alias lebih sedikit dari cappucino dan latte, sehingga sensasi kopi akan terasa lebih kuat. Selain itu, microfoam susu juga lebih tipis dari latte, sehingga terkadang banyak orang menganggap tidak ada foam susu yang digunakan pada flat white. Secara gampang, komposisi dalam secangkir flat white biasanya terdiri dari 2/3 susu ditambah 1/3 espresso.

Macchiato

Menu berbahan espresso ini mungkin tidak setenar cappuccino atau cafe latte. Sebab, Macchiato memang punya rasa kopi yang paling strong dibanding cappucino, cafe latte dan flat white. Macchiato dalam bahasa Italia artinya bernoda atau tanda. Hal ini merujuk pada tampilan Macchiato yang seolah secangkir espresso hanya diberi foam susu di atasnya. Menu ini biasa dibuat dengan menggunakan satu shot espresso ditambahkan sedikit susu, atau secara gampang takarannya 4:1.

Nah, itulah sedikit penjelasan perbedaan antara cappucino, cafe latte, flat white dan macchianto. Masih banyak lagi menu kopi yang dibuat hasil olahan dari espresso. So, tunggu artikel lainnya di mlipir ya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image