Kelebihan dan Kekurangan Chemex yang Perlu Kamu Tahu

Ngopi  

Chemex merupakan salah satu alat pembuat kopi yang sudah eksis sejak lama. Tetapi popularitas Chemex dikalangan penikmat dan pencinta kopi di Indonesia, terasa masih dibawah dripper V60 atau lainnya, kenapa begitu?

Sebelum membahas kelebihan dan kekurangan Chemex, kita berkenalan dulu dengan dripper satu ini. Chemex bisa dengan mudah kita kenali dari bentuk desainnya.

Chemex mempunyai bentuk classic, elegan dan timeless alias tidak berubah sejak pertama diluncurkan, dimana wadah dan dripper menjadi satu. Chemex terbuat dari kaca borosilikat yang mampu menahan panas dengan baik, sehingga kita tak perlu khawatir pecah saat menyeduh kopi dengan suhu air tinggi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ada beberapa ukuran dari Chemex, mulai dari 2 hingga untuk enam cangkir. Pada Chemex classic, bentuknya lebih elegan lagi karena diberikan materi kayu dan tali kulit untuk memegang agar tangan kita tidak panas.

Berbeda dengan dripper lain, kertas filter untuk Chemex lebih tebal. Jenis kertas filternya pun beragam ada dalam bentuk lembaran yang harus kita lipat sendiri, dan yang memang sudah dalam bentuk kerucut.

Seperti Apa Hasil Seduhan dengan Menggunakan Chemex

Hasil seduhan kopi menggunakan Chemex mempunyai perbedaan rasa dengan dripper lain. Faktor utama karena kertas filter untuk Chemex cenderung lebih tebal dibanding kertas filter untuk dripper lainny.

Hal ini membuat kopi yang diseduh menggunakan Chemex mempunyai body yang super ringan. Selain itu, hasil seduhan menggunakan Chemex juga lebih clean.

Chemex juga boleh dikatakan sebagai alat menyeduh kopi yang cukup 'aman'. Karena Chemex lebih cenderung menghasilkan kopi dengan karakter rasa yang balance.

Kelebihan Chemex

- Desain elegan dan classic

- Selain bisa digunakan sebagai alat seduh, Chemex juga keren dipajang di kedai atau rumah.

- Menghasilkan kopi dengan body yang ringan dan balance.

- Kaca tidak menimbulkan bau atau rasa yang tidak diinginkan

- Aman untuk mesin pencuci piring, meskipun kerahnya harus dilepas

Kekurangan:

- Tidak bisa menggunakan sembarang kertas filter

- Harga kertas filter yang lebih mahal dibanding dripper lain

- Harga Chemex yang original lebih mahal dibanding dripper lain

- Karena terbuat dari kaca, Chemex rawan pecah

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image