Manfaat Teh Bagi Kesehatan, dari Jaga Fokus Hingga Berat Badan

Santai  

Teh menjadi minuman favorit di masyarakat Indonesia. Teh bukan hanya sekadar minuman penghilang dahaga saja, jika dikonsumsi dengan benar ada manfaat dari teh untuk kesehatan tubuh kita.

Hampir setiap hari, mulai dari rumah pribadi, rumah makan, hingga kantor bisa dengan mudah ditemukan teh dan selalu ada orang yang meminum teh. Semakin beragamnya teh yang dikenal oleh masyarakat, juga mendorong meningkatnya konsumsi teh.

Teh punya banyak manfaat untuk kesehatan selama dikonsumsi dengan baik. Mungkin yang paling terkenal adalah teh hijau, yang dipercaya bisa membantu diet. Tapi tahukan sobat, masih banyak manfaat dari teh untuk kesehatan, apapun jenisnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Berikut manfaat yang bisa didapatkan jika kita rutin minum teh:

1. Teh membantu meningkatkan fokus dan jaga suasana hati

Ada ungkapan jika minum kopi membantu seseorang berpikir cepat sementara minum teh membantu orang berpikir mendalam. Ternyata berdasarkan penelitian, memang jika kita minum teh secara teratur, maka bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi.

Selain itu, minum teh secara teratur dapat berkontribusi pada hidrasi yang tepat. Minum teh secara teratur juga bisa membantu menjaga suasana hati menjadi positif sepanjang hari.

2. Teh membantu menjaga berat badan ideal

Teh secara alami mengandung nol kalori. Ketika digunakan sebagai pengganti minuman berkalori tinggi, ini dapat membantu mengontrol asupan kalori, yang penting untuk mengatur berat badan. Pada populasi Asia, konsumsi teh hijau telah terbukti mampu mengurangi jumlah lemak di sekitar bagian tengah (dikenal sebagai "lemak visceral").

Hal ini belum dikonfirmasi pada populasi Barat, namun temuan menunjukkan bahwa minum teh hijau dapat membantu. mempertahankan komposisi tubuh yang sehat.

3. Teh membantu menjaga kesehatan jantung

Tiga atau lebih cangkir teh per hari dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Studi berbasis populasi menunjukkan bahwa konsumsi rutin teh hitam dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan penurunan risiko stroke.

Studi klinis menunjukkan bahwa minum dua hingga tiga cangkir teh hitam per hari dapat membantu menjaga tekanan darah yang sehat dan meningkatkan fungsi pembuluh darah yang normal.

Jadi, apapun jenisnya, teh bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Teh dapat menjadi bagian dari gaya hidup yang lebih sehat dan alternatif dari minuman lain jika dipadukan dengan diet seimbang dan olahraga.

Sumber: thespruceeats.com

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image