Ada Apa Saja di Bogor Street Festival Cap Go Meh 2023? Yuk Simak Disini

Umum  

Bogor Street Festival Cap Go Meh akan digelar pada Minggu (5/2) sore pukul 16.00 WIB. Acara ini digelar di area Jalan Suryakencana dan Vihara Dhanagun.

Bogor Street Festival Cap Gomeh adalah kegiatan rutin yang digelar setiap tahun. Kegiatan ini telah menjadi agenda wisata Kota Bogor, karena selalu menarik perhatian dan dikunjungi banyak orang.

Festival Cap Go Meh di Bogor (ilustrasi)
Festival Cap Go Meh di Bogor (ilustrasi)

Mengangkat Tema 'Unity in Diversity'

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Bogor Street Festival Cap Go Meh tahun 2023 mengantkat tema 'Unity in Diversity'. Tema ini diangkat karena festival Cap Go Meh di Kota Bogor tidak hanya menunjukan hal-hal yang khas dari perayaan Cap Go Meh. Namun juga sudah menjadi ajang pertunjukan budaya.

Ketua Panitia Arifin Himawan mengatakan kegiatan Bogor Street Festival Cap Go Meh akan membungkus keberagaman suku, agama dan budaya masyarakat.

Ia mengatakan berbagai persiapan sudah dilakukan, antara lain, kurasi peserta yang akan tampil dalam kegiatan pesta rakyat BSF CGM 2023 bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor.

"Kami bersama-sama gabung dari berbagai latar belakang, masyarakat dari berbagai elemen akan hadir, kemudian juga ada berbagai penampilan seni budaya tradisi, kolosal, komunitas budaya, pelaku UMKM," katanya.

Ada Pertunjukan Barongsai, Reog Ponorogo, Hingga Kuliner

Seperti disampaikan diatas, berbagai pertunjukan kesenian dan budaya bakal menghibur pengunjung Bogor Street Festival Cap Go Meh. Pada acara itu pengunjung bisa menyaksikan pertunjukan Barongsai dan Liong yang memang menjadi pertunjukan wajib saat Imlek dan Cap Go Meh.

Pemain sedang berlatih Liong, pertunjukan khas saat Cap Go Meh
Pemain sedang berlatih Liong, pertunjukan khas saat Cap Go Meh

Tetapi bukan hanya pertunjukan Barongsai dan Liong saja, Bogor Street Festival Cap Go Meh akan menampilkan seni budaya Nusantara seperti Ondel-ondel Betawi, Reog Ponorogo, Angklung Banyumasan, Menong Purwakarta dan lainnya.

Bogor Street Festival Cap Go Meh juga akan menampilkan parade seni budaya nusatara. Tidak Ketinggalan, pengunjung bisa menikmati berbagai kuliner yang dijual oleh UMKM di lokasi acara.

Baca Juga:

YTMP3, Download MP3 dari Video Musik Youtube, Sepuasnya, Gratis dan Aman

Kode Redeem Free Fire 5 Februari 2023, Hadiah Menarik Menanti di Weekend

Ini Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark, Gratis, Mudah dan Cepat

Ada Penampilan Hadroh dari Masyarakat Muslim

Selain seni budaya Nusantara, Bogor Street Festival Cap Go Meh juga akan menampilkan hadroh dari masyarakat muslim di awal kegiatan. Seperti diketahui, Kota Bogor juga kental dengan budaya Islam.

Doa lintas Agama di BSF CGM (ilustrasi)
Doa lintas Agama di BSF CGM (ilustrasi)

Ketua BSF CGM 2023 Arifin Himawan menjelaskan konsep panggung, fasilitas tenaga kesehatan, petunjuk tempat beribadah untuk melaksanakan salat Ashar dan Maghrib serta rangkaian acara.

Dia menekankan, event yang sudah diadakan sejak tahun 2000 ini bukanlah kegiatan keagamaan, melainkan pesta rakyat kebersamaan dalam perbedaan. Dalam kegiatan itu nanti juga nantinya akan diadakan doa bersama oleh para pemuka agama dari masing-masing agama.

Bakal Dibuka oleh Wali Kota Bogor dan Gubernur Jawa Barat

Menurut Humas Panitia Bogor Street Festival, Ben Mbooh, rencananya pembukaan festival budaya ini akan dibuka oleh Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo.

Area pintu masuk Vihara Dhanagun (ilustrasi)
Area pintu masuk Vihara Dhanagun (ilustrasi)

"Acara dibuka pada pukul 16.00 WIB, rencana dibuka oleh pak Wali, pak Gubernur dan Wamenparekraf," katanya.

Berdasarkan pantauan, area Jalan Suryakencana dan Vihara Dhanagun telah dihias dengan ornamen warna merah dan lampion. Sementara di samping vihara, tepatnya di depan Plaza Bogor yang akan dibongkar April mendatang pun telah berdiri tenda VVIV untuk menyambut tamu undangan.

Sumber: Antaranews

Baca Juga:

Download Video Youtube Hingga Film Favorit dengan Vidmate, Cepat dan Mudah

Perhatikan Hal ini Sebelum Download dan Instal GB WhatsApp Mod Apk

Download GB WhatsApp Apk Mod Terbaru, Bisa Baca Pesan yang Dihapus

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image