Ini Pelaku Pembuat Narasi Turunkan Jokowi

Video Viral  
Unggahan Ismail Fahmi dalam akun twitternya.
Unggahan Ismail Fahmi dalam akun twitternya.

JAKARTA — Analis media sosial drone emprit, Ismail Fahmi menduga narasi #Turunkan Jokowi dan #Goodbye Jokowi, yang ramai di media sosial, adalah penunggang isu ‘demo mahasiswa 11 April 2022.

Hal ini disampaikan Ismail Fahmi dalam akun twitter @ismailfahmi, pada 9 April 2022. Cicitan awal Ismail dimulai dengan pernyataan: #TURUNKANJOKOWI JELANG 11 APRIL 2022 NARASI SIAPA? Di media sosial berkembang narasi “Jokowi Turun” dengan tagar #TurunkanJokowi dan #GoodbyeJokowi, seolah-oleh itu adalah tuntutan mahasiswa. Yang benar narasi siapa? Mari kita bedah tuntas.

Baca: Denny Siregar Nyinyirin Sholat Tarawih di Times Square

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurut Ismail, BEM SI menyatakan akan demo tanggal 11 April 2022, dengan 6 tuntutan: tolak penundaan pemilu, kaji ulang UU IKN, stabilkan harga, usut mafia minyak goreng, selesaikan konflik agraria, dan tuntaskan janji-janji kampanye. Tidak ada "Tuntut Jokowi turun”.

Baca: Manfaat Kesehatan Kopi Rusak karena Gula dan Krim

Dijelaskannya, total terdapat setidaknya 24,7 ribu percakapan di Twitter yang mengandung keyword di atas. Dimulai tanggal 4 April dengan tagar #turunkanjokowi. Lalu naik pesat hingga 12k mention pada 7 April dengan tagar #GoodByeJokowi, lalu tren turun meski masih ribuan per hari.

Analisis Drone Emprit
Analisis Drone Emprit

Percakapan topik ini tampak jelas dibangun oleh hanya satu klaster. Sentimen negatif (merah) terhadap Jokowi diperlihatkan melalui ekspresi tagar yang digunakan. Top influencers @cybsquad_@PecanduKretek, @Android_AK_47, @akunkelima212, dan @abu_waras.

Data Drone Emprit
Data Drone Emprit

Dari Emotion Analysis, menurut Ismail, tampak yang paling dominan adalah emosi "fear" atau "ketakutan". Yang paling banyak engagementnya dalam kategori ini, fear muncul atas respon polisi terhadap aksi demo di Tasikmalaya, dan cuitan yang membangun "fear”.

Data Drone Emprit
Data Drone Emprit

Menurut Ismail, dari analisis BOT: kurang natural. Normalnya, postingan yang natural didominasi oleh akun dengan score bot 0-1, dan score di atasnya sangat kecil volume postnya. Namun di sini cukup tinggi postingan oleh akun dengan score > 1. Artinya ada indikasi sebagian postingan tidak natural.

Data Drone Emprit
Data Drone Emprit

Dengan kondisi ini, Ismail menyarankan, untuk membedakan mana tuntutan mahasiswa dan mana tuntutan yang menunggangi, sebaiknya mahasiswa menggunakan tagar sendiri yang menggambarkan inti tuntutan mereka.

Ia menyarankan menggunakan tagar: #TolakTundaPemilu, #KajiLagiUUIKN, #StabilkanHarga, #UsutMafiaMinyakGoreng, #SelesaikanKonflikAgraria, dan #TuntaskanJanji.

"Mereka yang ingin menunggangi dengan narasi lain, biasanya enggan mengangkat narasi itu. Berhati-hatilah dengan narasi dukungan di media sosial, jangan sampai kemudian aksi mahasiswa dibajak untuk kepentingan lain,” kata Ismail dalam unggahan di twitternya.

Baca Juga:

Kopi Takar, Kopi Khas Mandailing dan Sipirok

Kopi Papua, Kopi Eksotis Favorit Ratu Belanda

Tradisi Kuramasan Sambut Ramadhan Digelar di Kampung Adat Cianjur

Polisi tak Tahan Dea Onlyfans, Medsos jadi Ramai

Viral Tiga Bocah Naik Kasur Sampai di Tengah Laut

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tukang Ngopi dan Nge-Game

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image