Fenomena Indra Kenz dan Doni Salmanan, TGB Zainul Majdi Khawatir

Umum  
TGB Zainul Majid mengaku khawatir dengan adanya fenomena pamer harta seperti Indra Kenz dan Doni Salmanan
TGB Zainul Majid mengaku khawatir dengan adanya fenomena pamer harta seperti Indra Kenz dan Doni Salmanan

Ketua Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (OIAA) Cabang Indonesia Tuan Guru Bajang (TGB) HM Zainul Majdi menyoroti fenomena pamer harta di ruang publik. Hal ini merujuk pada aksi crazy rich seperti Indra Kenz dan Doni Salmanan yang kerap memamerkan hartanya ke media sosial.

TGB mengaku khawatir fenomena itu bisa mendorong generasi muda memiliki cara pandang yang salah. "Sudut pandang bahwa kredibilitas atau status sosial itu ditentukan dari materi," kata TGB.

TGB mengatakan, pandangan bahwa kredibilitas dan status sosial ditentukan oleh materi bisa mendorong orang berusaha mendapatkan materi tanpa melalui proses yang baik.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Sebagian dari anak muda yang ingin kaya menggunakan jalan pintas, dengan menipu orang lain," katanya.

Di samping itu, dia mengatakan, menurut ajaran agama sikap takabur dan riya bisa mendatangkan kehancuran. "Ada yang lebih esensial (dari materi), ketenangan hati, kenyamanan dalam kehidupan. Ketenangan jiwa dan batin, serta rasa kecukupan dalam setiap keadaan," katanya.

Dia menjelaskan bahwa Islam mengajarkan kaidah tidak melakukan sesuatu yang merugikan diri sendiri maupun orang lain. "Jangan ada transaksi yang merugikan orang lain," katanya.

Ia juga mengemukakan pentingnya proses dalam upaya pencapaian tujuan dan pentingnya pengetahuan dan pemahaman sebagai dasar dalam melakukan tindakan.

"Mengerti akan perubahan yang terjadi, tidak menerima secara pasif," katanya.

"Dengan begitu generasi muda tak akan mudah terpedaya cara-cara seperti ini," katanya merujuk pada praktik penipuan yang dilakukan oleh afiliator platform investasi ilegal.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tukang Ngopi, Tukang Jalan, Tukang Jajan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image