Jaga Hatimu dengan Kopi, Jaga Juga Hati-mu untuk Aku

Umum  
Secangkir kopi
Secangkir kopi

JAKARTA — Kopi menjadi sajian minuman yang populer di masyarakat. Selain rasanya yang bikin lidah nagih, kopi ternyata juga memiliki manfaat baik untuk organ hati.

Dilansir di food.ndtv.com pada Selasa (18/1), hati merupakan salah satu organ yang membersihkan dirinya sendiri. Oleh karena itu, sangat penting untuk memberi makan makanan yang sehat dan bergizi bagi tubuh agar tidak mengeluarkan energi.

Hati adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting. Hati memiliki banyak fungsi, terutama detoksifikasi, mengatur nutrisi, mengaktifkan enzim dan banyak lagi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Baca juga:

Saat kopi disebut minuman orang kafir

Muslim Zaman, orang pertama yang mengolah kopi

Hati juga mengeluarkan cairan empedu yang membantu meningkatkan pencernaan dan metabolisme. Inilah sebabnya mengapa merawat hati dengan baik sangat penting untuk menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan.

Nah, ternyata hasil studi eksperimental telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi dalam jumlah sedang sebenarnya membantu menjaga hati bebas penyakit. Konsumsi kopi terbukti mengurangi deposisi lemak di hati sambil meningkatkan kapasitas antioksidan dengan meningkatkan Glutathione-antioksidan.

Mengutip Hellosehat.com, penelitian yang ditulis di Journal of Hepatology, menyebutkan, kopi bisa mencegah Anda untuk terkena fibrosis hati. Fibrosis hati merupakan tahap awal penyakit gangguan hati yang dikenal dengan sirosis hati.

Kandungan antioksidan pada kopi diyakini para ahli dalam penelitian ini mampu melindungi hati dari kerusakan. Penelitian yang dilakukan di Rotterdam, Belanda ini melibatkan 2.424 peserta penelitian. Rata-rata umur peserta penelitian yakni 45 tahun ke atas.

Setiap peserta penelitian akan menjalani pemeriksaan fisik secara lengkap seperti indeks massa tubuh (IMT), tinggi badan, tes darah, dan pemindaian perut untuk memeriksa kondisi dan melihat perkembangan fibrosis hati pada setiap peserta.

So, salah satu cara menjaga agar hati kita sehat adalah dengan mengonsumsi kopi. Tentu konsumsi kopinya jangan berlebihan. Seruput sedikit-sedikit dan nikmati manfaatnya.

Tapi jangan hanya menjaga organ hati ya, jaga dan rawat juga ‘hati’-mu untuk kebahagianmu. Selamat ngopi ...

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tukang Ngopi dan Nge-Game

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image