Hai Pemuda-Pemudi Depok, Ini Lima Tempat Ngopi yang Asyik Buat Weekend

Wisata  

Beberapa tahun belakangan Kota Depok menjadi primadona bagi pebisnis food and beverage, khususnya coffeeshop. Bukan hanya Jalan Raya Margonda yang dilirik, kini hampir di setiap sudut Kota Depok kian dipadati oleh kedai kopi dengan konsep beragam.

Pasar yang dibidik tentu saja anak muda, sehingga konsep kekinian yang Instagramable selalu jadi andalan. Anak muda dan media sosial memang tak bisa dipisahkan, namun cita rasa kopi dan keunikan menu tentu tak bisa membohongi lidah.

Berikut lima rekomendasi tempat ngopi di Depok yang populer di kalangan anak muda.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Oi Coffee and Eatery (sumber: Instagram: @oi.coffee.eatery)
Oi Coffee and Eatery (sumber: Instagram: @oi.coffee.eatery)

1. Oi Coffee and Eatery

Oi Coffee and Eatery memiliki bangunan dengan konsep minimalis yang didominasi warna putih berpadu dengan nuansa cokelat muda. Meski berlokasi di sebuah ruko, tak membatasi kedai kopi ini untuk berkreasi menampilkan kesan estetik. Oi Coffee and Eatery memilih pencahayaan kekuningan yang menambah kesan hangat untuk menyambut para pengunjung yang datang. Yang menarik, kedai kopi yang satu ini memiliki rooftop di lantai tiga.

Kamu dapat memesan makanan dan minuman di lantai satu, di sana berjajar alat-alat kopi canggih dan pilihan biji kopi. Untuk kopi tersedia mulai dari Americano, Cappucinno, hingga Latte. Di sini tersedia pula pilihan non-coffee seperti Greentea Latte, Aloe Red Chunks, hingga Apple Mint Mojito. Untuk makanan, pilihannya sangat beragam, kamu bisa memesan rice bowl, pasta atau appetizer untuk dinikmati ramai-ramai bareng teman-teman.

Lokasi: Ruko AVI River View Nomor 1, Jalan Komjen. Pol. M. Jasin, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat

Jam buka: 10.00-22.00 WIB

Harga: Rp20 ribu-58 ribu

Instagram: @oi.coffee.eatery

Kopi Nako (sumber: @kopinakodepok)
Kopi Nako (sumber: @kopinakodepok)

2. Kopi Nako

Kopi Nako bisa dibilang merupakan kedai kopi yang tak pernah 'tidur' di Kota Depok. Meski lokasinya tidak pas di pinggir jalan, namun parkiran mobil maupun motor di sana tak pernah sepi. Apalagi kalau kamu ke sini di akhir pekan, wah siap-siap masuk waiting list ya. Sesuai namanya, bentuk bangunan Kopi Nako menyerupai rumah kaca yang mendapatkan cahaya alami secara langsung. Di area outdoor-nya, dihiasi pepohonan yang membuat suasana terasa teduh.

Beberapa menu kopi yang bisa kamu cicipi, antara lain pandan latte, chocopresso, dan kopi babeh. Tenang, di sini juga menyediakan menu non-coffee bagi kamu yang gak suka kopi. Cobain deh teh violet, perpaduan rosella, mint, rose, dan blue curacao, seger banget. Oh iya, royal tea dan mango lassie juga patut dicoba loh. Kalau ke Kopi Nako kamu juga bisa nyobain es krim gelato, cocok banget dipesan bareng teman-teman di siang hari. Kopi Nako juga menawarkan promo Tumbler Day, jika kamu memesan menggunakan tumbler Kopi Nako maka akan mendapatkan diskon 20 persen, dan setiap hari Rabu kamu juga bisa mendapatkan free upsize.

Lokasi: Jalan Margonda Raya Nomor 38, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat

Jam buka: 08.00-20.00 WIB

Harga: Rp19 ribu-40 ribu

Instagram: @kopinakodepok

Artivator Cafe (sumber: Instagram: @artivatorcafe)
Artivator Cafe (sumber: Instagram: @artivatorcafe)

3. Artivator Cafe

Mengusung konsep cafe, art, space, Artivator Cafe gak boleh dilewatkan jika kamu mencari tempat nongkrong yang Instagramable. Kafe ini memiliki luas area hingga lebih dari 1.800 meter persegi yang terdiri dari area outdoor dan indoor. Artivator berlokasi di kawasan Kota Tua-nya Depok, sehingga bangunannya kental dengan nuansa kolonial. Rumah yang dibangun pada tahun 1919 itu kini disulap menjadi restoran sekaligus galeri seni. Sebelumnya, bangunan ini adalah bekas kantor Departemen Perhubungan.

Di sini pengunjung juga bisa melihat beragam koleksi karya seni. Ada banyak lukisan berukuran besar digantung di dinding galeri. Foto-foto bernuansa vintage tampak menghiasi sudut-sudut ruangan, serta beberapa instalasi seni kontemporer juga dipajang secara artistik. Pokoknya banyak spot Instagramable yang bisa kamu gunakan untuk foto-foto di sini. Bagi kamu pecinta kopi, jangan lupa mencoba Artivator Signature Coffee, ya. Selain itu ada pula americano, cappuccino, latte, hingga espresso. Untuk menu makanan ringan, tersedia pilihan seperti pisang goreng keju, aneka roti bakar, fries in bowl, lumpia seafood, dan tahu gobyos. Selain itu tersedia pula makanan western hingga japanese.

Lokasi: Jl. Pemuda No.86, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat

Jam buka: 10.00-21.00 WIB

Harga: Rp7 ribu-79 ribu

Instagram: @artivatorcafe

Kopi Kotak (sumber: Instagram: @kopikotak_depok)
Kopi Kotak (sumber: Instagram: @kopikotak_depok)

4. Kopi Kotak

Belum lama buka, Kopi Kotak sudah menjadi tempat nongkrong wajib anak-anak muda Kota Depok. Mengandalkan konsep outdoor luas dan rooftop dengan nuansa ala Santorini, Kopi Kotak sering kali dijadikan pilihan pengunjung untuk menikmati matahari terbenam. Bahkan ketika malam hari kafe ini terasa sangat hangat dengan lampu-lampu taman memenuhi ruangan outdoor yang ada di sana. Sesuai namanya, bangunan Kopi Kotak berbentuk mirip kubus dengan didominasi warna putih. Interior dan pernak-perniknya pun berbentuk kotak. Karena keunikannya ini, para pengunjung memanfaatkan banyak spot sebagai tempat berfoto.

Untuk menu kopi kamu bisa mencoba Kopi Kotak Gula Aren, Kopi Kotak Salted Caramel, Kopi Kotak Kelapa dan juga cappucinno. Selain aneka jenis minuman berbahan dasar kopi, kamu juga bisa mencicipi menu non-kopi. Salah satunya adalah Ice Chocolate yang terbuat dari choco powder dan susu cair, minuman ini creamy banget di mulut, rasa cokelatnya milky, manisnya pas, dan teksturnya pun lembut.

Lokasi: M District, Jl. Margonda Raya No. 488, Beji, Kota Depok, Jawa Barat

Jam buka: 08.00-22.00 WIB

Harga: Rp10 ribu-40 ribu

Instagram: @kopikotak_depok

5. Emily Coffee Society

Tempat ngopi yang satu ini bisa dibilang beda dari yang lainnya. Emily Coffee Society merupakan listening space pertama yang ada di Kota Depok. Dijamin jika kamu ke sini akan memberikan suasana dan pengalaman yang berbeda. Kamu bisa menikmati suasana minum kopi sambil ditemani dengan alunan musik jazz yang berasal dari vynil. Emily Coffee Society memiliki bangunan dengan gaya industrial yang dipadukan dengan tradisional. Jika dilihat dari luar, bangunan ini seperti rumah tradisional yang terbuat dari kayu. Sedangkan bagian dalam bangunan terdapat tembok dan lantai yang didominasi oleh warna abu-abu. Area indoor terdiri dari dua lantai yang dilengkapi dengan pendingin ruangan (AC), sedangkan area outdoor berada di bagian depan pintu masuk, dikelilingi oleh tembok yang terbuat dari semen dan beralaskan batu kerikil serta dihiasi dengan pohon-pohon rindang.

Menu kopi yang disajikan di sini mulai dari Espresso, Americano, Coconut Latte dan Latte. Kemudian untuk minuman signature Emily Coffee Society kamu bisa mencoba Kings & Queens dan Desert Clouds. Untuk sajian non-kopi cobain deh Iced Charcoal Latte dan The Great Escape, nikmat banget. Sambil ngopi dan ngobrol bareng teman nongkrong, kamu bisa memesan Biscoff Waffle atau Classic Maple Waffle.

Lokasi: Jalan Jambu No. 2, Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat

Jam buka: 10.00-21.00 WIB

Harga: Rp30 ribu-40 ribu

Instagram: @emilylisteningspace

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image