Apa itu Poundfit, Olahraga yang Sedang Tren di Perkotaan?

Umum  

Jika Anda mlipir ke gym, tempat olahraga, atau tempat publik terbuka lainnya, ada satu olahraga yang kini sedang populer, yakni pound fit. Olahraga ini menggabungkan latihan kardio, conditioning, dan strength dengan gerakan yang terinspirasi dari yoga dan pilates.

Gerakan Lunges (ilustrasi)
Gerakan Lunges (ilustrasi)

Olahraga ini juga menjadikan musik sebagai bagian dalam latihan. Ketika melakukan olahraga ini, Anda akan menggunakan Ripstix, yakni stik drum dengan bobot ringan, sehingga olahraga ini memancarkan perpaduan energi berolahraga dan bermain musik.

Seperti dilansir poundfit.com, Pound fit diciptakan oleh dua perempuan yang merupakan mantan atlet, yakni Kristen Potenza dan Cristina Peerenboom, pada 2011. Keduanya memadukan gerakan yoga dan pilates yang bergantung pada latihan berbasis stabilitas untuk menjaga tubuh mereka tetap lurus, simetris, serta ramping, dan bermain drum dengan berjongkok tanpa bangku.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Perpaduan ini membuat pound fit memiliki dua gerakan utama, yakni squat dan lunges. Squat merupakan latihan strength untuk membantu mengencangkan otot tubuh, termasuk betis, kaki, pantat, dan paha bagian dalam. Squat, yakni melakukan gerakan menurunkan pinggulnya dari posisi berdiri dan kemudian berdiri kembali.

Healthline menyebutkan squat membutuhkan integrasi banyak sendi dan otot. Squat membutuhkan beberapa otot di tubuh bagian atas dan bawah untuk bekerja sama secara bersamaan.

Banyak dari otot-otot ini membantu Anda melakukan tugas sehari-hari seperti berjalan, menaiki tangga, membungkuk, atau membawa beban berat. Manfaat dari squat, yakni memperkuat otot inti (core), mengurangi risiko cedera, membakar kalori, memperkuat otot tubuh bagian bawah, dan meningkatkan kemampuan dan kekuatan atletik.

Sementara, lunges dapat mengacu pada gerakan ketika satu kaki diposisikan ke depan dengan lutut ditekuk dan telapak kaki rata di tanah sementara kaki lainnya diposisikan di belakang.

Healthline menjelaskan bahwa lunges bekerja pada otot tubuh bagian bawah,khususnya otot paha depan, bokong, dan paha belakang. Lunges bermanfaat untuk pencegahan cedera, serta rehabilitasi setelah cedera terjadi. Lunges memungkinkan atlet yang sedang menjalani rehabilitasi kembali berolahraga atau beraktivitas.

Squat, lunges, gerakan memukul ripstix, dan gerakan lainnya yang memaksa seluruh bagian tubuh bergerak ini yang menjadikan pound fit sebagai olahraga kardio. Poundfit.com menyebutkan pound fit tidak hanya membuat tubuh Anda menjadi lebih kuat, tetapi juga membantu Anda meningkatkan fokus, serta mengurangi kecemasan dan kelelahan.

Jika Anda tertarik melakukan olahraga pound fit, Anda bisa menemukan komunitas-komunitasnya melalui Instagram. Misalnya, Rocca Space yang menawarkan latihan di kompleks Stadion Gelora Bung Karno (GBK) dan Geng Gobyos yang menawarkan olahraga secara hibrida (online dan offline).

Penulis: Ratna Puspita

Baca Juga:

Lari Jadi Kegemaran Warga Perkotaan, Apa Saja Manfaatnya

Ini Kelemahan Threads dari Sisi Pengguna

Es Kopi Vs Cold Brew, Mana yang Lebih Enak?

Snaptik, Download Video TikTok Tanpa Watermark dari HP Android atau iOS

Cara Mudah Download Video Instagram dengan iGram.io, Gratis Tanpa Aplikasi

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image